Perempuan sebagai Target Pasar Era Digital

Ada tiga kelompok besar masyarakat yang harus didekati jika kita ingin sukses memasarkan sesuatu. Youth ada di urutan pertama, karena biasanya kelompok usia mereka adalah adopter paling awal dari trend terbaru, apa pun itu. Gaya hidup, fashion, musik, teknologi.

Jangan lupa, jika Anda cukup jeli, di ranah maya, merekalah yang biasanya ‘bertanggung jawab’ atas munculnya topik-topik tertentu yang kemudian menduduki posisi puncak topik percakapan di twitter.

Sesuatu yang untuk sebagian besar orang dianggap remeh temeh dan gak penting banget pun, tiba-tiba muncul di urutan teratas trending topic. Diakui atau tidak, kelompok usia ini adalah trend setter yang akan mempengaruhi pasar untuk membeli atau menggunakan produk tertentu.

Kita skip bahasan mengenai kelompok kedua dan ketiga terbesar. Penjelasan tentang kenapa mereka menjadi penting untuk para pemasar, bisa kita temukan di banyak buku mau pun artikel tentang marketing. Kali ini kita akan kupas sedikit tentang perempuan dan internet di Indonesia.

Perempuan dan Internet

Ada fakta menarik yang layak dibagi tentang perempuan dan internet. Saat ini, persentase perempuan pengguna internet di Indonesia adalah 36%. Bandingkan dengan laki-laki yang masih ‘berkuasa’ dengan angka pemakai internet 64%.

Khusus untuk situs jejaring sosial Facebook, di Indonesia, rasio perempuan dan laki-laki pengguna social network channel paling populer ini adalah 41:59.

Dilihat dari angka-angka di atas, terlihat bahwa dari sisi jumlah, perempuan penggiat online di Indonesia memang ‘baru segitu’. Lantas kenapa hampir semua marketer sepakat bahwa ‘untuk menjual sesuatu, sasarlah kaum perempuan’?

Fakta di lapangan, menurut data yang saya dapat dari Firly Afwika, Digital Strategist dari Magnivate Digital Consulting, inilah alasan kenapa perempuan melakukan social networking di internet:


* terkoneksi dengan teman/keluarga: 75%
* hiburan: 57%
* terhubung dengan orang lain: 52%
* berbagi opini tentang sesuatu: 32%
* mendapat informasi: 34%


Kemudian, topik apa saja yang dibaca perempuan pada saat online? Masih dari sumber yang sama, inilah 5 (lima) kelompok terbesar:


* hiburan: 53%
* makanan: 47%
* kesehatan: 42%
* resep: 40%
* fashion dan kecantikan: 39%

Demikian sedikit info dan pengantar tentang Perempuan sebagai Target Pasar Era Digital...



Menculik Miyabi

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kolonel Mat Ali Meninggal Dunia Ketika Lari Uji Kenaikan Pangkat

Lowongan Kerja PT KMI Wire and Cable Indonesia

Keunggulan dan Kehebatan Google+ (Google Plus)